Pages

Senin, 01 November 2010

Konsep Matematika Dasar

Konsep Dasar Matematika

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail
S I L A B U S   P E R K U L I A H A N


1.    Identitas Matakuliah

Nama Matakuliah                 :  Konsep Dasar Matematika
Kode Matakuliah                  :  GD 103
Jumlah SKS                        :  3 SKS
Semester                            :  Ganjil (1)
Kelompok Mata Kuliah          :  Mata Kuliah Keahlian Program Studi Wajib
Program Studi                      :  Pendidikan Guru Sekolah Dasar S-1
Status Mata Kuliah               :  Pengantar  dan prasyarat penting untuk matakuliah lanjutan.
Prasyarat                            :  Tidak ada prasyarat
Dosen                                 :  Maulana, S.Pd., M.Pd. (Kode: 2224)

2.    Tujuan

Tujuan dari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan dan menerapkan berbagai konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan: Himpunan, Bilangan, dan Aljabar.

3.    Deskripsi Isi

Mata kuliah Konsep Dasar Matematika merupakan mata kuliah yang akan membekali mahasiswa Program Studi S-1 PGSD tentang berbagai wawasan konsep-konsep dasar matematika yang dijabarkan dalam materi: Himpunan (pengantar untuk konsep bilangan, bilangan asli s.d. bilangan kompleks), Bilangan (pra bilangan, nilai tempat, sistem numerasi), Geometrri (titik, garis, bidang, luas, keliling, volume, dan kesebangunan), Aljabar (persamaan, pertidaksamaan, relasi, fungsi, grafik fungsi).

4.    Pendekatan Pembelajaran

·         Metode             : Disesuaikan
·         Tugas               : Disesuaikan
·         Media                : Jangka, Penggaris Panjang/Segitiga, Busur, dll.

5.    Rincian Materi Perkuliahan tiap Pertemuan

Pertemuan 1            : Pengantar Perkuliahan
Pertemuan 2            : Pengantar Himpunan untuk Konsep Bilangan
Pertemuan 3            : Bilangan Asli, Bilangan Cacah, dan Bilangan Bulat
Pertemuan 4            : Bilangan Rasional dan Bilangan Irrasional
Pertemuan 5            : Bilangan Real dan Dasar-dasar Bilangan Khayal (Imajiner)
Pertemuan 6            : Prabilangan, Nilai Tempat, Sistem Numerasi
Pertemuan 7            : Geometri (Titik, Garis, Bidang)
Pertemuan 8            : UTS
Pertemuan 9            : Geometri (Luas dan Keliling)
Pertemuan 10          : Geometri (Volume)
Pertemuan 11          : Geometri (Kesebangunan)
Pertemuan 12          : Aljabar (Persamaan)
Pertemuan 13          : Aljabar (Pertidaksamaan)
Pertemuan 14          : Aljabar (Relasi dan Fungsi)
Pertemuan 15          : Aljabar (Grafik Fungsi)
Pertemuan 16          : UAS

Catatan:
Jumlah pertemuan dapat bertambah antara 16 – 18 pertemuan.


7.   Evaluasi

Setelah perkuliahan berakhir, penilaian dilakukan dengan bobot sebagai berikut:
Tugas, Latihan, Tes Unit (T) : bobot 15%
Aktivitas dan Partisipasi (A)   : bobot 15%
Ujian Tengah Semester (UTS)           : bobot 30%
Ujian Akhir Semester (UAS)  : bobot 40%

Atau diformulasikan sebagai berikut:

dengan kriteria penilaian sebagai berikut:

Interval *)
Nilai Akhir (dengan Huruf)
A
B
C
D
E

*) Penilaian menggunakan PAPAN (Penilaian Acuan Patokan dan Acuan Norma).


8.   Referensi

Billstein, Rick, Shlomo Lebeskind, Johnny W. Lott. A Problem Solving Approach to Mathematics For Elementary School Teachers (Fifth Edition). Addison-Wesley Publishing Company.

Hudoyo, H. dan Sutawidjaya, A. (1996/1997). Matematika. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti.

Maulana (2008). Dasar-dasar Keilmuan Matematika. Subang: Royyan Press.

Spiegel, Murray R. (1989). Seri Buku SchaumTeori dan Soal-Soal: Matematika Dasar.  Jakarta: Erlangga. (Terjemahan: Kasir Iskandar).

Sukirman, dkk. (2005). Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wheeler, Ruric E. 1992. Modern Mathematics. Belmont, CA: Wadsworth.

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Sample text

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Lorem Ipsum

Popular Posts

About Me

Foto Saya
juLiitatangekhpanda
Lihat profil lengkapku

Blog